Rabu, Maret 11

MPASI pertama Shoka


Ini Shoka, waktu masih usia 7 bln. Asi Ekslusif hingga 5 bln lalu dilanjutkan dengan Kaldu Ayam Kampung Organik Ekslusif hingga sekarang usia 2,5thn.

MPASI pertama buah pepaya puree selama 3 hari berturut2, hanya 2 sendok teh satu kali sehari pada siang hari antara jadwal minum susu. (*saya patuh aturan 4DWR :D )

Hari 4 - 6  : pisang cavendish kerok dgn sendok, satu kali sehari . ternyata Shoka susah Pup bila di beri pepaya 3 hari kemarin.

Hari 7 - 10 : apel kukus puree. Pup lancar, Shoka senang diberi makan jadi minta maamnya terus, nangis kl pureenya habis. jadi diputuskan diberi bubur kaldu saring. Tidak bubur susu karena Shoka tidak suka Sufor.

Hari 11-14 : Bubur Kaldu saring polos setiap hari siang, 1 sdm tepung beras dgn 250ml kaldu. (Resep bubur kaldu dari tepung beras homemade), setelah 1  minggu saya naikan teksturnya malah tambah lahap. Wah ternyata, Shoka suka bukan main, makannya hap hap, mulutnya monyong2 mencari sendok ketika diberi makan. Malah nangis kalau suapannya sudah habis, Mamahnya masih berusaha meng-angin-anginkan bubur disendok biar hangat tp tidak kepanasan. Hehe. ...

Sore hari pk 15.00, diberi puree buah satu hari satu jenis selang seling antara pisang dan apel dan pir kukus.

Pupnya oke, cair tp ada butir-butir seperti biji cabai sebagai tanda bahwa makanan tercerna baik.

Hari 15- 19 : Bubur kaldu diteruskan dengan tambahan sayuran diblender dan saring. Sayuran pertama wortel selama 3 hari. dan mencoba bubur kaldu dengan sayuran jenis lain selama 3 hari berturut-turut.

Begitu seterusnya hingga 2 minggu kemudian, Shoka sudah makan 2 kali sehari bubur kaldu dan 1 kali buah di sore hari. Tekstur terus saya tingkatkan (Apa itu Naik Tekstur?)

Dan genap 7 bulan, Shoka hampir semua jenis sayuran sudah pass 4 DWR, jadi bubur kaldu 3 hari sekali, Pagi pk. 6.30, Siang pk. 12.30 dan Sore pk. 17.30 makan bubur kaldu dengan kombinasi sayuran yang berbeda tiap hari. Hari ini Buncis, besok Tomat, lusa Kacang Joglo dan seterusnya (detil ke Variasi Bubur Kaldu ). Di selingin snack pk. 10.00, oatmeal susu dan pk. 15.00 buah puree.

Shoka bayi kaldu Eksklusif dan bayi Homemade Food Eksklusif, jadi Mamahnya selalu nyetok kaldu untuk masak bubur, nasi tim dan nasi gurih selalu dgn campuran kaldu. Dan selalu berepot-repot ria bawa perangkat masak MPASI  + cooler box isi kaldu bila berpergian kemana2. (*wiping sweat and smiling) ...All worth it.. will do it all over again.

Syukur selama ini Shoka perkembangannya normal, sehat, cerdas dan bahagia.

Mudah-mudahan sharing saya ini bisa menjadi sumber semangat utk Moms yang ingin memberikan homemade baby food ekslusif buat babynya. Silahkan add BB saya 2AD96F4B utk tukar pikiran dan berbagi cerita dgn saya.

Salam bahagia Mom.

Feel free Share, Tag, Copas, ReTweet, Re Post bila Moms suka informasi ini. 

Resep Lain Info + Tips lain | Pesan Kaldu | Testimonial | 
Pesan Tepung Qreezpy | Pesan Gasol  
__________________________________________________
Saran, Resep dan tips hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak mengantikan pendapat dokter. Bila ada masalah serius , harap hubungi Dokter Spesialis Anak/Dokter Gizi