Sabtu, April 20

Caranya menyimpan dan melumerkan Kaldu Beku?

Kaldu Mother's Love Kaldu tidak mengandung pengawet sintetis oleh karena itu kami mengandalkan suhu rendah/beku untuk menjaga produk tetap segar.


Kaldu datang dalam kemasan 250ml/bungkus keadaan beku/dingin. Simpan semua dalam freezer.



1. Cara Standar: (malam sebelumnya/Slowcooker)


Kaldu yg ingin dipakai masak bubur/nasi tim besok, ambil 1 bungkus @250ml saja buka kaldu dari kemasan plastik, pindahkan kaldu ke wadah tertutup taruh di chiller (kulkas bagian bawah) malam sebelumnya agar tetap dingin dan lunak. Kaldu lainnya tetap di freezer sampai ingin dipakai. Setelah kaldu lunak dan cair, bisa langsung dimasak dengan beras / tepung beras sebagai pengganti air. Utk slowcooker, kaldu beku bisa langsung masukan ke slowcooker pada saat memasukan beras + sayuran dgn tambahan air bila perlu.



2. Cara Cepat: (1 jam sebelum )


Ambil 1 bungkus @250ml saja buka kaldu dari kemasan plastik, pindahkan kaldu ke wadah tertutup taruh di suhu ruangan 1 jam hingga kaldu cair dan lunak, langsung dimasakan dengan beras/tepung beras.


3. Cara Instant : (langsung)



Ambil 1 bungkus @250ml saja buka kaldu dari kemasan plastic, masukan kaldu beku ke panic tambahkan air kurang lebih 5 sdm, nyalakan api, lelehkan kaldu hingga mencair, langsung ditambahkan beras/tepung beras. 



Utk resep bubur tepung beras bila langsung ke Page Resep MPASI.



MENCETAK ke BABY CUBES atau PORSI ULANG


Apabila pada masa perkenalan maam, biasanya hanya masak sedikit, kaldu 250ml bisa di buat beberapa kali. 


Ada 2 cara membuat porsi kaldu : Satu dengan Ice Cube Tray (Cetakan Es Batu) atau tanpa cetakan. 



Cara 1 : Dengan Ice Cube Tray 


Freezer Pod

Caranya, cairkan 1 bungkus 250ml dengan ditaruh di kulkas bagian bawah (chiller) malam sebelumnya. Kaldu yang sudah cair tapi masih dingin bisa dicetak di Ice Cube tray , cover dengan plastik wrap dan masukan kembali ke freezer. INGAT , Ice Cube Tray harus di sterilisasi sebelum digunakan untuk mencetak. 
Setelah Kaldu beku tercetak di ice cube tray, bisa di keluarkan dari cetakannya, masukan blok -blok kaldu beku ke dalam kantong plastik ziplock agar mudah pengambilannya atau diporsi langsung beberapa blok utk sekali masak. Saya pribadi lebih prefer langsung diporsi karena lebih higienis. Kaldu blok harus tetap disimpan di freezer hingga pemakaian. 




Cara 2 : Dengan Wadah tertutup rapat. (Saya pribadi pakai Avent - Via Cup)


Caranya , cairkan 1 bungkus 250ml dengan ditaruh di kulkas bagian bawah (chiller) malam sebelumnya. Keesokan harinya, Kaldu yang sudah cair tapi masih dingin bisa langsung dipakai dengan menakar secukupnya, misalnya 125ml. 
Lebih kaldu 125ml bisa langsung disimpan dalam wadah tertutup rapat dan disimpan ke chiller apabila kelebihan akan dipakai dalam 24 jam. Apabila kelebihan kaldu akan dipakai besoknya, lebih baik dimasukan kembali langsung ke freezer. INGAT - wadah tertutup tempat penyimpanan kaldu harus disterilisasi. 

Tersedia Program Rental Avent Via Cups



PENTING: 

Saya tidak merekomendasi untuk melumerkan kaldu lebih dari 2 kali untuk diolah kembali karena alasan higienitas. Usahakan melumerkan kaldu satu kali langsung pakai. Kaldu yang keluar masuk berkali-kali (lumer-beku-lumer-beku) atau berlama-lama disuhu ruangan tanpa dididihkan, berpotensi menjadi sarang bakteri dan alhasil kaldu mudah basi. 

Kaldu 250ml sudah saya porsikan karena berdasarkan pengalaman pribadi 250ml adalah jumlah pas untuk memasak bubur sehari 3 x makan. Apabila kebutuhan kaldu lebih/kurang, saya rekomen melumerkan kaldu dan mencetak/memorsi pas agar tidak ada kelebihan kaldu yang harus disimpan kembali berkali-kali. 



Kaldu tahan berapa lama?



Kaldu pada prinsipnya bisa tahan 2 bulan difreezer tanpa keluar masuk. Tapi saya rekomen kaldu utk bayi max 1 bulan saja, buat anak 2th+ dan dewasa bisa 2 minggu hingga 2 bln masih bagus.



Biasanya yg baru makan, boleh 2 mingguan dulu, nanti kalau sudah biasa, kaldu stok 1 bulan masih bagus. Setiap anak beda2, jadi harus dicoba. So far, semuanya baik-baik saja. 


Selamat memasak Mom. Semoga babynya selera maam seperti pengalaman Moms lain. Testimonial


Resep Lain | Info + Tips lain | Pesan Kaldu | Testimonial | Pesan Tepung Qreezpy | Pesan Gasol  
__________________________________________________
Saran, Resep dan tips hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak mengantikan pendapat dokter. Bila ada masalah serius , harap hubungi Dokter Spesialis Anak/Dokter Gizi