Jumat, Maret 8

Gelatin dalam Kaldu

Salah satu alasan utama untuk membuat kaldu rumahan sebagai dasar untuk makanan bayi seperti  bubur, sup ataupun saus adalah kandungan gelatin alaminya. Selain memang makanan menjadi tambah gurih dan harum mengundang selera maam bayi juga Ingat nenek/ibu kita selalu nyaranin, "Kasih kaldu ceker untuk anak bayi agar tulang kuat!" Nah, yang berkhasiat itu sebetulnya kandungan gelatin dari tulang ayam Mom. 

Apa sih itu Gelatin? 
Gelatin berasal kolagen yang terkandung di tulang, kulit dan jaringan tulang hewan seperti ayam, sapi, kambing dan ikan. 

Dalam industri makanan, gelatin dimakan digunakan sebagai pengental, agen gelling, stabilizer dan emulsifier. Hal ini dapat ditemukan dalam yogurt, pate, marshmallow, permen gummy, sup dan salad dressing. Gelatin juga dipakai utk pembuatan kapsul dan sebagai pelapis untuk tablet dan kaplet. 

Kayak Agar-agar? Iya Mom, cuma agar-agar itu terbuat dari rumput laut, kalau gelatin dari tulang hewan sebagai sumber protein. Gelatin merupakan protein 90 persen dengan 18 asam amino, termasuk sembilan dari sepuluh asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh loh Mom. 

Gelatin membuat makanan berasa lebih pekat, gurih dan harum. Gelatin berasal dari kolagen, yang ditemukan di kulit, tulang rawan dan tulang. Contoh, setiap dua cangkir daging sapi gelatin memberikan 7 g protein, 16 mg kalsium, 119 mg fosfor, 6 mcg selenium dan 405 mg sodium. (Tuh udah ada sodium ya, jadi tidak perlu tambahan garam dimakanan bayi Mom) 

Ada kalsium dan fosfor bagus buat pertumbuhan tulang dan gigi. Selenium itu bagus buat pertumbuhan rambut. Dan karena gelatin dalam kaldu itu bersifat koloid , menyerap air, bagus utk pencernaan. Terbukti bisa mengobati gangguan pencernaan seperti IBS, kolitis, dan bahkan penyakit Crohn bahkan anemia. 

Kaldu Rumahan yang mengandung gelatin tinggi sangat berkhasiat mengobati flu perut, hebatnya bisa menghentikan diare dgn dikonsumsi sedikit-sedikit setiap beberapa menit. 


Pada orang tua, gelatin berkhasiat utk kesehatan sendi melegakan nyeri sendi lutut.
Untuk moms, kolagen asal muasal gelatin memang sudah tenar bagus buat kulit ya, 


Nah Gelatin ini tingkat didihnya cukup tinggi oleh karena itu untuk kaldu dibuat dirumah bisa dimasak minimal 4-6 jam api kecil agar gelatinnya keluar maksimal ke kaldu. 

Bagaimana mengenali kandungan gelatin dlm kaldu? 



Gelatin dlm Kaldu
Kaldu pada saat beku maupun stlh dididihkan tdk akan terlihat gelatinnya tapi pada saat Bunda melunakkan kaldu beku di lemari es bawah, kaldu berbentuk cair tp masih dingin, itulah saat gelatin dr tulang terlihat jelas.

Bentuk seperti jeli/agar2 mengambang, langsung menghilang ketika kaldu dipanaskan.

Pastikan asupan anak Bunda banyak gelatin untuk pertumbuhan tulang gigi Mom. 

Referensi : Gelatin dalam Gizi dan Kedokteran, Gotthoffer, http://www.wellsphere.com/digestive-health-article/gelatin-and-digestion/742055 dan website-website lain.

Resep Lain Info + Tips lain | Pesan Kaldu | Testimonial Pesan Tepung Qreezpy | Pesan Gasol  

___________________________________________________________
Saran, Resep dan tips hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak mengantikan pendapat dokter. Bila ada masalah serius , harap hubungi Dokter Spesialis Anak/Dokter Gizi