Jumat, Maret 8

Garam dan gula utk makanan bayi


Pernah kita merasa makanan kita tdk asin/manis padahal sudah byk tambahan garam dan gula? 
Itu dikarenakan indra pengecap kita sudah 'kebal' dgn kadar asin/manis sering kita makan dan merasa belum asin/manis. Akhirnya kita terus menambah garam/gula terus menerus. Indra pengecap jg sangat berperanan dlm nafsu makan anak. Apakah anak Bunda hanya mau makan apabila ditambah penyedap rasa atau garam atau segala sesuatu yg manis? Direkomendasikan untuk menghindari menambahan garam, gula apalagi penyedap rasa pada makanan bayi dibawah 1 thn. Selain tidak bermanfaat utk kesehatan malah memperberat kerja organ bayi, penambahan ini mengurangi sensitivitas ecap anak terhadap rasa asli makanan.



Lebih baik membiasakan bayi akan rasa makanan tertentu apa adanya. Rasa jeruk, jeruk. Rasa pisang, pisang. Ini nanti membantu perkembangan rasa ecapnya, mengurangi resiko 'picky eater' karena terbiasa makanan dgn rasa sudah sarat garam, gula dan penyedap. Akhirnya susah selera kalau makanan tawar sedikit.



Sejak dulu saya pengemar makanan asin, hampir semua makanan saya selalu tambahkan kecap asin atau garam. Setelah rutin memasak untuk Shoka tanpa garam, selalu saya cicipi dulu makanan sebelum diberi ke Shoka. Setelah beberapa lama, lidah saya terbiasa dengan makanan 'tanpa garam' dan baru menyadari dengan tidak ada rasa garam dalam makanan, sayuran terasa manis sekali, kaldu tanpa garam pun harum sekali. Daging sapi atau ayam sangat gurih. Pengalaman ini juga dialami suami yang notabene juga suka sekali makanan asin. 



Pantas saja kalau Shoka yang tidak mengenal garam dan gula suka makan sayuran dan buah-buahan  karena justru sayur dan buah rasanya bearoma sekali dibandingkan kentang atau beras..ya khan? Trik cerdas supaya mau maam Sayur dan buah hehe... 

Pernah saya buat Pasta Bolognaise untuk Shoka tanpa tambahan garam dan dengan tomat puree asli (tanpa saus tomat kalau biasa buat untuk Papa Shoka) ternyata..... lezat... lebih harum dari Pasta Bolonaise biasa yang dengan garam, penyedap rasa dan saus tomat botolan yang lengkap aromanya. 

Ternyata lidah kita baru bisa mengecap nikmatnya rasa makanan apa adanya setelah tidak memakai garam. 

Kalau nga pakai garam ntar Gondokan? Yodium tdk hanya dalam garam kok, bs didpt dr sumber makanan lain, spt ikan laut, daging, sayur, buah, asi/susu formula dan kebutuhan tubuh bayi akan Yodium  umur 0-3 thn hanya 90 ug 


Kebutuhan garam bayi yg berumur

7-12 bln hanya 1 gr

1-3 thn hanya 2gr


Jumlah kebutuhan garam dan yodium  diatas sudah dpt tercukupi secara alami dr Asi/Susu Formula dan MPASI yg dimakan walau tanpa tambahan garam.


Gula sehat bs didpt dari karbohidrat (nasi, jagung, ubi, kentang, oatmeal dan buah-buahan). 
Untuk keju, memang harus pakai garam, pilih yang rendah garam. 
Mentega yang tanpa garam (Unsalted)


Mulai kebiasaan sehat dr dini dgn mengolah makanan sehat alami utk bayi


Salam sehat Mom.


(Referensi :Mpasi Rumahan, MOD DePeRizal dan The Baby Book dr. Sears dan tabel kecukupan Gizi DepKes 2004)

Baca juga Hati-hati dengan kamuflase kepekatan makanan

_________________________________________________________ 
 Saran, Resep dan tips hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak mengantikan pendapat dokter. Bila ada masalah serius , harap hubungi Dokter Spesialis Anak/Dokter Gizi