Kamis, Maret 14

Telur untuk Bayi?


Kapan Paling tepat kasih telur ayam buat baby? 

Sebetulnya  6 bln+ prinsipnya baby sudah boleh tapi rata-rata Moms mengenalkan telur pas 8bln+ baby sdh bisa makanan padat, setelah naik tesktur dari bubur saring/puree ke bubur kasar. 

Walaupun telur adalah salah satu dari 8 jenis bahan makanan paling rentan menimbulkan alergi. Baca juga Alergi Makanan [article underdevelopment]
Kalau tidak ada riwayat alergi telur dalam keluarga Mom, sebetulnya tidak perlu untuk menunda telur,tapi untuk berjaga-jaga  kasih hanya kuning telur saja, putih telur boleh nanti 12 bln + atau 15 bln+ sama seperti Shoka, saya kasihnya pas 12 bln karena bapaknya alergi telur. Syukur Shoka baik-baik aja sih, tapi tetap saya jarang tuh pake telur. Kalo ada resep pakai telur, saya biasanya nga pakai atau pakai bahan pengganti. Kecuali memang pas jadwal menu telur. 



Kuning telur meningkatkan kadar zat besi dalam bulan bayi 6-12 dari usia (studi 2002 di American Journal of Clinical Nutrition) dan bahwa telur yang diperkaya dengan Omega-3 asam lemak bisa meningkatkan kadar DHA. Nah untuk baby yang perlu asupan besi tambahan, boleh nih mom selain bayam dan brokoli :D


Kalau mau diberikan  kuning telur bagaimana nih caranya? 

Pas Moms memberikan telur untuk baby Moms untuk pertama kalinya, kasih sesuap atau dua untuk amannya. Berikan terpisah ke makanan lain yang dapat menyebabkan alergi, seperti kacang, susu sapi dan ikan. Dengan demikian Anda akan dapat mengetahui apakah itu adalah telur yang menyebabkan reaksi alergi atau malah sebetulnya bahan makanan lain.  



Pas Moms misahin kuning telur dari putih telur mentah, kadang ada tuh sedikit putih telur masih menempel di kuningnya ya khan? Kalau masih tahap 4 DWR, supaya yakin seyakin-yakinnya lebih baik berikan baby telur rebus, dikupas kulit, pisahkan putih dan kuningnya, kasih kuning telurnya saja. Kuning telur rebus ini boleh dibuat seperti puree juga oke dengan tambahkan ASI, susu formula atau air sedikit demi sedikit pas dihancurkan dengan garpu atau di campur dengan bubur beras kaldu 

Penting Mom: 
Pelajari tanda-tanda reaksi alergi (gatal-gatal, kesulitan bernapas atau gejala asma, pembengkakan mulut atau tenggorokan, muntah atau diare dan kehilangan kesadaran), lengkapnya baca Alergi Makanan [article underdevelopment]


Kalau baby Moms Alergi Telur, gimana donk? Tenang.... banyak bahan makanan penganti telur kok. 
Walaupun tidak ada yang bener2 bisa menggantikan fungsi  dan rasa telur , tapi setidaknya jadilah makanan pengganti yang enak untuk baby tersayang. Beda hidangan beda fungsi telur, misalnya 
  • untuk resep kue : 'leaveing agent' membuat kue ringan dan halus. 
  • untuk resep spt nugget/schotel/galatine/bakso/rolade : sebagai  pengikat/perekat 
  • untuk resep telur untuk penambah kelembaban
  • untuk resep produk telur menjadi bahan utama seperti mayonaise, tart telur, quiche, puding telur dll 


Beberapa resep pengganti telur pengganti saat memasak untuk bayi. setara dengan 2 butir telur dalam resep biasa. 
  1. 2 sdm air soda dan 2 sdt tepung terigu 
  2. 1 1/2 sdm minyak + 1 sdt baking powder
  3. 1 sdt baking powder + 1sdm air + 1 sdm cuka (tambahkan cuka pada proses pengembangan terakhir pd Roti)
  4. 1 sdt ragi, dilarutkan dalam 56ml air hangat 
  5. 1/2 pisang besar, blender
  6. 1/4 loyang tahu putih / tahu sutra 
  7. 1/4 puree Apel/Apricot/Kurma
  8. 1 sdm oatmeal instant dan 2 sdm air hangat
  9. 1 sdm maizena + 3sdm air
  10. 2 sdm tepung terigu cakra + 1 1/2 sdt  minyak jagung + 1/2 sdt baking powder+ 2 sdm water
  11. 1/4 soya milk/susu kacang kedelai
  12. 1 bks gelatin/agar/konyaku + 200 ml air mendidih - 3 sdm adonan ini setara dengan 1 telur
  13. Ada tepung pengganti telur merk Orgran dan merk2 lain. 
Dipilih dan dicoba salah satu pengganti itu dalam resep Mom. Misalnya mau buat rolade atau bakso, sepertinya cocok pengganti no.2,  5 atau 7, 9 ya. Kalau buat cookies, mungkin no.1.
Buat Roti atau kue yang dipanggang, no. 3 atau no. 4. Untuk kue kukus, no. 4 atau no. 6. 

Silahkan bereksperimen. Sy sendiri baru mencoba Oatmeal (no. 8) dan Maizena (no. 9) untuk pengganti. Ada resep Eggless Warm Banana Bread sebagai contoh pisang penganti telur. 


Hati-hati Moms: Beberapa jenis pengembang kue atau bubuk bahan kue mungkin mengandung bahan-bahan telur. Teliti bahan-bahan kalau memang anak Moms alergi telur. Konsultasi dengan DSA ya Mom. 


Masakan dgn telur suka amis? 

Pernah dulu pas kuliah, dosen pernah bilang, telur yg telah disimpan terlalu lama (maks 2 minggu) cenderung agak amis buat masak. Mungkin baru beli telurnya, cuman telurnya sudah lama di SPM atau di pasar.

Cara mengenali telur yg segar adalah begitu di pecahkan di atas tempat datar seperti piring, kuningnya utuh, dan masih ditengah2 putihnya daaann putihnya ada 2 jenis, yg agak tebal dan kental di sekeliling kuning dan sebagian lagi agak cair.

Kalo kuning sudah sampai ke pinggir dan putih kentalnya sudah tidak ada, berarti sudah agak lama telurnya mom. Bisa jadi ini yg bikin amis. 

Memilih telur secara aman?

Karena hebohnya beberapa tahun lalu tentang flu burung, ada baiknya sesudah memilih telur langsung mencuci tangan. Walaupun saya tahu secara pribadi  supplier2 telur diharuskan mensanitasi telur mentah dengan cairan sanitasi sebelum didistribusikan,  dan di spm atau restaurant besar, telur di sanitasi kedua kalinya ketika diterima, jadi cukup aman. Tapi nga ada salahnya Moms langsung mencuci tangan setelah memilih telur (biasanya disediakan Hand Sanitizer didekat penjualan telur di spm) dan mencuci telur lagi dengan larutan air sabun cuci piring antibakterial (Ada petunjuknya di kemasan sabun cuci piring untuk mencuci buah dan sayuran) sebelum di simpan di kulkas. 

Resep Lain Info + Tips lain | Pesan Kaldu | Testimonial Pesan Tepung Qreezpy | Pesan Gasol  


Referensi :
Mom Endah dr milis MPASI Rumahan

http://vegetarian.about.com/od/vegetarianvegan101/f/eggsubstitute.htm

http://www.homemade-baby-food-recipes.com/when-can-my-baby-eat-eggs.html

http://wholesomebabyfood.momtastic.com/eggs.htm

http://babyparenting@aboutguide.com
http://www.babycentre.co.uk/x1042723/is-it-safe-to-give-my-baby-eggs-to-eat


__________________________________________________ 
Saran, Resep dan tips hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak mengantikan pendapat dokter. Bila ada masalah serius , harap hubungi Dokter Spesialis Anak/Dokter Gizi